Silahkan Download
Format Word
Format Pdf
SILABUS
Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I (satu) / Ganjil
Standart Kompetensi : Menyadari dan mensyukuri keberadaan dirinya serta sebagai relasi dengan ciptaan lainnya.
Aspek : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | PENGALAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER, BAHAN / ALAT | ||
JENIS INSTRUMEN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INTSRUMEN | ||||||
Siswa mampu menerima keberadaan dirinya sebagai pemberian Allah | Memuji Allah Melalui Nyanyian | · Siswa mampu menyebutkan tujuan bernyanyi kepada Allah · Siswa mampu menunjukkan yang bagaimanakah nyanyian kepada Allah · Siswa mampu membedakan nyanyian rohani dengan nyanyian biasa · Siswa mampu menyanyikan nyanyian rohani dengan baik · Siswa mampu mempelajari beberapa nyanyian rohani dari Kidung Jemaat atau buku Ende · Siswa mampu menyanyikan beberapa nyanyian rohani dari Kidung Jemaat atau buku Ende | Bersyukur pada Allah melalui nyanyian | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Mengapa kita harus bernyanyi kepada Allah? Ø Mengapa kita tidak boleh bermain-main dalam menyanyikan nyanyian rohani | 6 jam | o Alkitab o Kidung Jemaat o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku Ende o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 |
Unjuk kerja (Performance) | Demonstrasi | Nyanyikanlah salah satu lagu pujian dari Kidung Jemaat! | ||||||
Memuji Allah Melalui Doa | · Siswa mampu menuliskan huruf DOA dengan baik · Siswa mampu menunjukkan yang bagaimanakah dikatakan berdoa. · Siswa mampu menjelaskan arti doa · Siswa mampu menyusun doa dengan baik · Siswa mampu mendemontrasikan cara berdoa yang baik | Bersyukur pada Allah melalui doanya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Kenapa kita harus berdoa? Ø Kepada siapakah kita berdoa? Ø Apakah yang kita minta dalam doa kita? | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Unjuk kerja (Performance) | Demonstrasi | Praktekkanlah cara berdoa yang benar! | ||||||
Paduan Nyanyian dan Doa | · Siswa mampu menyusun acara kebaktian singkat hanya dengan nyanyian dan doa · Siswa mampu mengkombinasikan doa dan nyanyian secara berurutan dengan baik · Siswa mampu mendemonstrasikan nyanyian dan doa secara berurutan di depan kelas sebagai awal untuk membawakan kebaktian singkat | Melakukan doa dan nyanyian secara berurutan dengan baik sebagai awal untuk membawakan kebaktian singkat | Unjuk kerja (Performance) | Demonstrasi | Praktekkanlah cara berdoa dan bernyanyi secara berurutan! | 3 jam | o Alkitab o Kidung Jemaat | |
Nama-nama Anggota Tubuh | · Siswa mampu menggambar secara sederhana tubuh manusia · Siswa mampu menyebutkan nama-nama anggota tubuh · Siswa mampu menunjukkan anggota-anggota tubuh yang disebut sebagai Panca Indera | Mengenal anggota-anggota tubuhnya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Manakah yang dikatakan tangan? Ø Manakah anggota tubuh yang termasuk dalam Panca Indera? Ø Manakah anggota tubuh yang sering digunakan untuk berdoa? Ø Manakah anggota tubuh yang digunakan untuk bernyanyi kepada Allah? | 3 jam | o Media Gambar Anatomi Manusia o Buku IPA kelas 1, Gramedia Jakarta | |
Fungsi Anggota Tubuh | · Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang makna adanya anggota-anggota tubuh · Siswa mampu mengurutkan nama-nama anggota tubuh yang digunakan untuk berdoa · Siswa mampu mengurutkan nama-nama anggota tubuh yang digunakan untuk bernyanyi kepada Allah · Siswa mampu mengklasifikasikan fungsi-fungsi anggota-anggota tubuh · Siswa mampu mengidentifikasi fungsi semua anggota tubuh | Menggunakan anggota-anggota tubuhnya untuk kemuliaam Allah | Tes lisan | Jawaban sigkat | Ø Untuk apakah kita gunakan anggota tubuh kita ini? Ø - Siapakah yang pantas kita puji dengan semua anggota tubuh kita? | 3 jam | o Alkitab o Buku Nyanyian Sekolah Minggu HKBP o Buku Ende o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Hubungan Dari Setiap Anggota-anggota Tubuh | · Siswa mampu menjelaskan hubungan anggota-anggota tubuh · Siswa mampu menunjukkan anggota-anggota tubuh yang saling berhubungan · Siswa mampu menjelaskan makna hubungan dari setiap anggota-anggota tubuh | Mengetahui kesalingtergantungan dari setiap anggota-anggota tubuh | Tes lisan | Uraian | Sebutkan nama-nama anggota tubuh yang saling berhubungan! | 3 jam | o Tubuhnya sendiri o Gambar Anatomi Manusia | |
Menjaga Kebersihan Anggota-anggota Tubuh | · Siswa mampu meminati hidup bersih dengan tubuh yang bersih · Siswa mampu merancang cara merawat kebersihan anggota-anggota tubuhnya · - Siswa mampu mengurutkan benda-benda yang kita gunakan untuk membersihkan tubuh | Bersyukur pada Allah melalui menjaga kebersihan tubuhnya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Dengan apakah kita mandi? Ø Pakai apakah kita mandi? Ø Urutkanlah alat-alat yang kita gunakan untuk membersihkan tubuh kita! | 3 jam | o Pengalaman sehari-hari sewaktu mandi o Air o Sabun Mandi o Gunting Kuku o Sampo | |
Menjaga kebersihan Lingkungan | · Siswa mampu menunjukkan yang manakah yang dikatakan lingkungan sekitarnya · Siswa mampu merancang cara menjaga kebersihan lingkungan · Siswa mampu mengurutkan alat-alat yang digunakan untuk membersihkan lingkungan · Siswa mampu membersihkan ruangan kelas dan halaman sekolah | Bersyukur pada Allah dengan menjaga kebersihan lingkungannya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Kenapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan? Ø Sebutkan alat-alat yang kita gunakan untuk membersihkan lingkungan! | 3 jam | o Ruangan kelas o Lingkungan sekolah o Sapu o Kain Pel | |
Siswa mampu menjawab kasih Allah dengan cara mengasihi keluarganya | Tugas dan Tanggung Jawabnya Dalam Keluarga | · Siswa mampu menyebutkan anggota-anggota keluarga yang ada di rumahnya masing-masing · Siswa mampu menunjukkan siapa itu kepala keluarga dalam keluarganya · Menunjukkan siapa itu wakil kepala dalam keluarganya · Siswa mampu menunjukkan siapa itu yang dikatakan sebagai anak di dalam keluarganya · Siswa mampu merancang tugas dan tanggung jawabnya di dalam keluarganya | Mengetahui tugas dan tanggung jawabnya dalam keluarga | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Siapakah yang melahirkan kamu? Ø Siapakah yang bertugas di dalam keluargamu untuk mencari nafkah? Ø - Apakah tugasmu di rumah sebagai anak ayah dan ibu? | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 |
Saling Mengasihi Di antara Anggota Keluarga | · Siswa mampu menulis kata KASIH dengan baik dalam 1 lembar kertas penuh · Siswa mampu melaporkan hubungannya dengan anggota-anggota keluarga dalam rumahnya · Siswa mampu menelaah arti kasih dari cerita tentang Anak yang Hilang · Siswa mampu menjelaskan tujuan keberadaan kasih di dalam keluarganya · Siswa mampu mendemonstariskan sikap saling mengasihi di dalam keluarganya untuk kehidupannya sehari-hari | Mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah dengan cara mengasihi keluarganya | Hasil Kerja | Menulis | Tuliskanlah kata KASIH sebanyak 1 lembar penuh | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Bagaimanakah hubunganmu dengan ayah di rumah? Ø Bagaimanakah hubunganmu dengan kakak/abang di rumah Ø Maukah kamu bertengkar dengan saudaramu untuk memperebutkan kue? | ||||||
Menghormati Orang Tua Adalah kewajiban | · Siswa mampu menyebutkan siapakah itu yang dikatakan sebagai orang tua · Siswa mampu menjelaskan alasan harus menghormati orang tua · Siswa mampu merngetahui Firman Allah yang memerintahkan untuk menghormati orang tua · Siswa mampu memilih perilaku-perilaku yang sesuai untuk menghormati orang tua · - Siswa mampu mendemonstrasikan sikap untuk menghormati orang tua | Menghormati orang tuanya dengan penuh tanggung jawab | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Siapakah yang dikatakan sebagai orang tua? Ø Apakah tanggung jawab seorang anak terhadap orang tuanya? | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 o Katekismus kecil | |
Contoh Perbuatan Baik dan Buruk | · Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh perbuatan baik · Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh perbuatan yang tidak baik · Siswa mampu mengurutkan cara untuk berbuat baik · Siswa mampu menjelaskan tujuan untuk berbuat baik · Siswa mampu memilih perilaku yang akan dilakukan dari antara contoh-contoh perbuatan yang baik dan yang tidak baik · - Siswa mampu mengubah perbuatan-perbuatan yang tidak baik dengan perbuatan-perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari | Bersyukur kepada Allah dengan tanggapan sikap perilaku yang baik | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Yang bagaimanakah dikatakan sikap/perbuatan yang baik? Ø Bagaimanakah caranya untuk berbuat baik? | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Memuji Allah Adalah Kewajiban | · Siswa mampu menjelaskan tujuan memuji Allah · Siswa mampu menyimpulkan makna memuji Allah dengan segenap jiwa dan pikiran · Siswa mampu mengimani bahwa memuji Allah adalah kewajiban utama sebagai manusia · - Siswa mampu merancang cara-cara memuji Allah | Memuji Allah dengan segenap jiwa dan pikirannya | Penugasan | Uraian | Daftarkanlah bagaimanakah caranya memuji Allah dengan segenap jiwa dan pikiranmu! | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o - Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 |
Silahkan Download
Format Word
Format Pdf