Silabus PAK SD Kelas 3 Semester 2

Silahkan Download
Format Word
Format Pdf


SILABUS

Sekolah                                   : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                    : III (Tiga) / Genap
Standart Kompetensi          : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga
Aspek                                     : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
PENGALAMAN
BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER,
BAHAN / ALAT
JENIS INSTRUMEN
BENTUK INSTRUMEN
CONTOH INTSRUMEN
Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga
Makna Kerukunan Dalam Hidup Keluarga
·         Siswa mampu menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian umum.
·         Siswa mampu menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian perspektif Kristiani
·         Siswa mampu mengoreksi peranannya sebagai seorang anak untuk menciptakan hidup rukun
·         Siswa mampu mendiskusikan manfaat keberadaan kerukunan dalam hidup keluarga
·         Siswa mampu membedakan kelurga yang rukun dan keluarga yang tidak rukun
·         Siswa mampu membuktikan manfaat keberadaan kerukunan dalam hidup keluarga
Menciptakan kerukunan dalam kehidupan keluarga
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Apakah perananmu sebagai seorang anak untuk terlibat dalam menciptakan kerukunan?
Ø  Tuliskanlah perbedaan keluarga yang rukun dengan keluarga yang tidak rukun!
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Menghindari Percekcokan Dalam Keluarga
·         Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang rukun
·         Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang cekcok
·         Siswa mampu mendaftarkan masalah-masalah yang sering terjadi dalam keluarganya
·         Siswa mampu merancang cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam keluarga sesuai dengan kemampuannya.
·         Siswa mampu mengkompromikan cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di dalam keluarganya
·         Siswa mampu mendemonstrasikan cara-cara sederhana  untuk mengatasi masalah dalam keluarga sebagai usaha untuk menghindari percekcokan
Menghindari percekcokan dalam keluarga
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Tuliskanlah masalah-masalah yang sering terjadi di dalam keluargamu!
Ø  Urutkanlah usaha-usaha untuk mengatasi masalah-masalah dalam keluargamu!
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Kerugian Percekcokan Dalam Keluarga
·         Siswa mampu melaporkan pengalaman-pengalaman dalam keluarganya sebagai contoh percekcokan dalam keluarga
·         Siswa mampu menjelaskan akibat percekcokan yang terjadi di dalam keluarganya
·         Siswa mampu menyimpulkan kerugian-kerugian yang terjadi akibat percekcokan dalam keluarganya
·         Siswa mampu melatih diri untuk menghadapi percekcokan yang terjadi di dalam keluarganya
Menjelaskan kerugian akibat percekcokan dalam keluarga
Penugasan
Laporan
Daftarkanlah pengalaman-pengalamanmu dalam keluarga akibat percekcokan yang terjadi dalam keluargamu!
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Usaha Untuk Menjaga Kerukunan Dalam Keluarga
·         Siswa mampu menyebutkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang anak dalam keluarga
·         Siswa mampu mengasumsikan pendapatnya bagaimana seharusnya peranan setiap anggota keluarga untuk menciptakan kerukunan dalam keluarga
·         Siswa mampu merancang caranya untuk ikut serta menciptakan kerukunan dalam keluarganya
Ikut berperan serta dalam menciptakan kerukunan dalam keluarga
Penugasan
Diskusi kelompok
Diskusikanlah caramu sebagai seorang anak untuk menghindari percekcokan dalam keluarga?
6 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Usaha Konkrit Menolong dan Memperhatikan Dalam Keluarga
·         Siswa mampu mendaftarkan contoh saling memperhatikan dalam keluarganya
·         Siswa mampu mendaftarkan contoh-contoh saling menolong dalam keluarganya.
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan saling menolong dalam keluarga
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan saling memperhatikan dalam keluarga.
·         Siswa mampu meminati sikap saling menolong dalam keluarga.
·         Siswa mampu meminati sikap saling memperhatikan dalam keluarga
·         Siswa mampu mendemonstrasikan sikap saling menolong dalam keluarga.
·         Siswa mampu mendemonstrasikan sikap saling memperhatikan dalam keluarga
Berusaha untuk saling menolong dan memperhatikan
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Tuliskanlah contoh saling memperhatikan dalam keluargamu!
Ø  Tuliskanlah contoh saling menolong dalam keluargamu!
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Siswa mampu memelihara ciptaan Allah
Allah Maha Pencipta
·         Siswa mampu menyebutkan hari-hari penciptaan.
·         Siswa mampu mempertanyakan cara Allah menciptakan alam
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan alam semesta
·         Siswa mampu mengimani Allah sebagai Allah maha pencipta
·         Siswa mampu menempatkan Allah dalam hatinya sebagai sumber segala sesuatu
Menjelaskan bahwa Allah adalah Maha Kuasa dalam mencipta
Tes Tertulis
Jawaban Singkat
Ø  Pada hari keberapakah Allah menciptakan bumi ini?
Ø  Berapa  harikah Allah menciptakan segalanya?
Ø  Mengapa manusia diciptakan pada hari keenam, kenapa tidak pada hari pertama atau hari kedua?
Ø  Untuk apakah alam ciptaan Allah ini diciptakan Allah?
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Manfaat Ciptaan Allah Kepada Manusia
·         Siswa mampu mendiskusikan manfaat ciptaan Allah kepada manusia.
·         Siswa mampu menyimpulkan manfaat ciptaan Allah kepada manusia
·         Siswa mampu menyebutkan tugas manusia terhadap alam semesta
·         Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh benda yang bermanfaat bagi dirinya.
·         Siswa mampu mendemonstrasikan tugasnya sebagai seorang anak terhadap alam semesta.
Menjelaskan manfaat ciptaan Allah kepada manusia
Penugasan
Laporan
Daftarkanlah manfaat benda-benda sekitarnya kepada dirimu!
4 jam
o    Alkitab       
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Peranan Manusia Dalam Mengembangkan dan Memelihara Alam
·         Siswa mampu menjelaskan tugas manusia terhadap alam yang diberikan Allah
·         Siswa mampu menemukan pemanggilan Nuh dari cerita guru.
·         Siswa mampu merancang cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagai seorang anak di rumah.
·         Siswa mampu merancang cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagai seorang siswa di sekolah
·         Siswa mampu memadukan tugas dan tanggung jawabnya di rumah dan sekolah untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Allah.
·         Mendemonstrasikan tugas dan tanggung jawabnya untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Allah.
Menjelaskan pentingnya kesadaran umat manusia untuk mengembangkan memelihara dan melestarikan alam ciptaan Allah
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Uraikanlah tugasmu kepada Allah sebagai seorang anak di rumah!
Ø  Uraikanlah tugasmu kepada Allah sebagai seorang siswa di sekolah!
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Dampak Kelalaian Manusia Dalam Memelihara Alam Ciptaan Allah
·         Siswa mampu mendaftarkan contoh-contoh kelalaian manusia dalam memelihara alam ciptaan Allah.
·         Siswa mampu menjelaskan akibat kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah
·         Siswa mampu mendaftarkan contoh-contoh ketidakseimbangan alam terhadap kehidupan manusia
·         Siswa mampu membuktikan akibat kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah.
·         Siswa mampu mengubah perilaku yang merugikan alam semesta
·         Siswa mampu mendemonstrasikan perilaku sehari-hari yang bertujuan menjaga kelestarian alam
Menjelaskan dampak kelalaian manusia berakibat buruk
Tes Tertulis
Uraian
Tuliskanlah contoh-contoh bencana alam yang pernah kamu dengar terjadi!
2 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Allah Maha Kuasa
·         Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifat-sifatNya
·         Siswa mampu mengurutkan kemahakuasaan Allah atas segala-galanya.
·         Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatNya sebagai Allah Maha Kuasa.
·         Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Esa.
·         Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Pengasih.
·         Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Penolong.
·         Siswa mampu mengimani Allah dari sifat-sifatNya.
·         Siswa mampu mengoreksi diri sebagai makhluk ciptaan Allah.
·         Siswa mampu menyesuaikan diri sebagai manusia ciptaan Allah.
Mengenal Allah dari sifat-sifatNya
Tes Tertulis
Uraian
Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat Allah!
8 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Bukti kemahakuasaan Allah Atas Segala CiptaanNya
·         Siswa mampu menjelaskan kedudukan Allah atas manusia.
·         Siswa mampu membuktikan kemahakuasaan Allah atas Manusia
·         Siswa mampu menjelaskan kedudukan Allah atas segala ciptaanNya
·         Siswa mampu membuktikan kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya
·         -       Siswa mampu membangun perilaku yang mengakui kemahakuasaan Allah.
Menjelaskan akan bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya
Tes Tertulis
Uaraian
Daftarkanlah bukti-bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya
4 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007
Tindakan Melestarikan Alam Di lingkungan Sekolah/Tempat Tinggal
·         Siswa mampu menyebutkan tugas manusia atas alam.
·         Siswa mampu merancang program sebagai tindakan melestarikan lingkungan di rumah.
·         Siswa mampu merancang program sebagai tindakan melestarikan lingkungan di sekolah.
·         Siswa mampu memprakarsai program melestarikan lingkungan
·         Siswa mampu mendemonstrasikan kegiatan sehari-hari dengan melaksanakan program melestarikan lingkungan.
Melaksanakan program kegiatan melestarikan alam di lingkungan sekolah/tempat tingga
Unjuk Kerja
Penilaian Proses
Laksanakanlah program-program melestarikan lingkungan yang kamu susun baik di sekolah maupun di tempat tinggalmu!

o    Alkitab
o    Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007

Silahkan Download
Format Word
Format Pdf