Format Word
Format Pdf
SILABUS
Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : III (Tiga) / Genap
Standart Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga
Aspek : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | PENGALAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER, BAHAN / ALAT | ||
JENIS INSTRUMEN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INTSRUMEN | ||||||
Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga | Makna Kerukunan Dalam Hidup Keluarga | · Siswa mampu menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian umum. · Siswa mampu menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian perspektif Kristiani · Siswa mampu mengoreksi peranannya sebagai seorang anak untuk menciptakan hidup rukun · Siswa mampu mendiskusikan manfaat keberadaan kerukunan dalam hidup keluarga · Siswa mampu membedakan kelurga yang rukun dan keluarga yang tidak rukun · Siswa mampu membuktikan manfaat keberadaan kerukunan dalam hidup keluarga | Menciptakan kerukunan dalam kehidupan keluarga | Tes Tertulis | Uraian | Ø Apakah perananmu sebagai seorang anak untuk terlibat dalam menciptakan kerukunan? Ø Tuliskanlah perbedaan keluarga yang rukun dengan keluarga yang tidak rukun! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 |
Menghindari Percekcokan Dalam Keluarga | · Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang rukun · Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang cekcok · Siswa mampu mendaftarkan masalah-masalah yang sering terjadi dalam keluarganya · Siswa mampu merancang cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam keluarga sesuai dengan kemampuannya. · Siswa mampu mengkompromikan cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di dalam keluarganya · Siswa mampu mendemonstrasikan cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah dalam keluarga sebagai usaha untuk menghindari percekcokan | Menghindari percekcokan dalam keluarga | Tes Tertulis | Uraian | Ø Tuliskanlah masalah-masalah yang sering terjadi di dalam keluargamu! Ø Urutkanlah usaha-usaha untuk mengatasi masalah-masalah dalam keluargamu! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Kerugian Percekcokan Dalam Keluarga | · Siswa mampu melaporkan pengalaman-pengalaman dalam keluarganya sebagai contoh percekcokan dalam keluarga · Siswa mampu menjelaskan akibat percekcokan yang terjadi di dalam keluarganya · Siswa mampu menyimpulkan kerugian-kerugian yang terjadi akibat percekcokan dalam keluarganya · Siswa mampu melatih diri untuk menghadapi percekcokan yang terjadi di dalam keluarganya | Menjelaskan kerugian akibat percekcokan dalam keluarga | Penugasan | Laporan | Daftarkanlah pengalaman-pengalamanmu dalam keluarga akibat percekcokan yang terjadi dalam keluargamu! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Usaha Untuk Menjaga Kerukunan Dalam Keluarga | · Siswa mampu menyebutkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang anak dalam keluarga · Siswa mampu mengasumsikan pendapatnya bagaimana seharusnya peranan setiap anggota keluarga untuk menciptakan kerukunan dalam keluarga · Siswa mampu merancang caranya untuk ikut serta menciptakan kerukunan dalam keluarganya | Ikut berperan serta dalam menciptakan kerukunan dalam keluarga | Penugasan | Diskusi kelompok | Diskusikanlah caramu sebagai seorang anak untuk menghindari percekcokan dalam keluarga? | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Usaha Konkrit Menolong dan Memperhatikan Dalam Keluarga | · Siswa mampu mendaftarkan contoh saling memperhatikan dalam keluarganya · Siswa mampu mendaftarkan contoh-contoh saling menolong dalam keluarganya. · Siswa mampu menjelaskan tujuan saling menolong dalam keluarga · Siswa mampu menjelaskan tujuan saling memperhatikan dalam keluarga. · Siswa mampu meminati sikap saling menolong dalam keluarga. · Siswa mampu meminati sikap saling memperhatikan dalam keluarga · Siswa mampu mendemonstrasikan sikap saling menolong dalam keluarga. · Siswa mampu mendemonstrasikan sikap saling memperhatikan dalam keluarga | Berusaha untuk saling menolong dan memperhatikan | Tes Tertulis | Uraian | Ø Tuliskanlah contoh saling memperhatikan dalam keluargamu! Ø Tuliskanlah contoh saling menolong dalam keluargamu! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Siswa mampu memelihara ciptaan Allah | Allah Maha Pencipta | · Siswa mampu menyebutkan hari-hari penciptaan. · Siswa mampu mempertanyakan cara Allah menciptakan alam · Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan alam semesta · Siswa mampu mengimani Allah sebagai Allah maha pencipta · Siswa mampu menempatkan Allah dalam hatinya sebagai sumber segala sesuatu | Menjelaskan bahwa Allah adalah Maha Kuasa dalam mencipta | Tes Tertulis | Jawaban Singkat | Ø Pada hari keberapakah Allah menciptakan bumi ini? Ø Berapa harikah Allah menciptakan segalanya? Ø Mengapa manusia diciptakan pada hari keenam, kenapa tidak pada hari pertama atau hari kedua? Ø Untuk apakah alam ciptaan Allah ini diciptakan Allah? | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 |
Manfaat Ciptaan Allah Kepada Manusia | · Siswa mampu mendiskusikan manfaat ciptaan Allah kepada manusia. · Siswa mampu menyimpulkan manfaat ciptaan Allah kepada manusia · Siswa mampu menyebutkan tugas manusia terhadap alam semesta · Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh benda yang bermanfaat bagi dirinya. · Siswa mampu mendemonstrasikan tugasnya sebagai seorang anak terhadap alam semesta. | Menjelaskan manfaat ciptaan Allah kepada manusia | Penugasan | Laporan | Daftarkanlah manfaat benda-benda sekitarnya kepada dirimu! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Peranan Manusia Dalam Mengembangkan dan Memelihara Alam | · Siswa mampu menjelaskan tugas manusia terhadap alam yang diberikan Allah · Siswa mampu menemukan pemanggilan Nuh dari cerita guru. · Siswa mampu merancang cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagai seorang anak di rumah. · Siswa mampu merancang cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagai seorang siswa di sekolah · Siswa mampu memadukan tugas dan tanggung jawabnya di rumah dan sekolah untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Allah. · Mendemonstrasikan tugas dan tanggung jawabnya untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Allah. | Menjelaskan pentingnya kesadaran umat manusia untuk mengembangkan memelihara dan melestarikan alam ciptaan Allah | Tes Tertulis | Uraian | Ø Uraikanlah tugasmu kepada Allah sebagai seorang anak di rumah! Ø Uraikanlah tugasmu kepada Allah sebagai seorang siswa di sekolah! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Dampak Kelalaian Manusia Dalam Memelihara Alam Ciptaan Allah | · Siswa mampu mendaftarkan contoh-contoh kelalaian manusia dalam memelihara alam ciptaan Allah. · Siswa mampu menjelaskan akibat kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah · Siswa mampu mendaftarkan contoh-contoh ketidakseimbangan alam terhadap kehidupan manusia · Siswa mampu membuktikan akibat kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah. · Siswa mampu mengubah perilaku yang merugikan alam semesta · Siswa mampu mendemonstrasikan perilaku sehari-hari yang bertujuan menjaga kelestarian alam | Menjelaskan dampak kelalaian manusia berakibat buruk | Tes Tertulis | Uraian | Tuliskanlah contoh-contoh bencana alam yang pernah kamu dengar terjadi! | 2 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Allah Maha Kuasa | · Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifat-sifatNya · Siswa mampu mengurutkan kemahakuasaan Allah atas segala-galanya. · Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatNya sebagai Allah Maha Kuasa. · Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Esa. · Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Pengasih. · Siswa mampu mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Penolong. · Siswa mampu mengimani Allah dari sifat-sifatNya. · Siswa mampu mengoreksi diri sebagai makhluk ciptaan Allah. · Siswa mampu menyesuaikan diri sebagai manusia ciptaan Allah. | Mengenal Allah dari sifat-sifatNya | Tes Tertulis | Uraian | Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat Allah! | 8 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Bukti kemahakuasaan Allah Atas Segala CiptaanNya | · Siswa mampu menjelaskan kedudukan Allah atas manusia. · Siswa mampu membuktikan kemahakuasaan Allah atas Manusia · Siswa mampu menjelaskan kedudukan Allah atas segala ciptaanNya · Siswa mampu membuktikan kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya · - Siswa mampu membangun perilaku yang mengakui kemahakuasaan Allah. | Menjelaskan akan bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya | Tes Tertulis | Uaraian | Daftarkanlah bukti-bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Tindakan Melestarikan Alam Di lingkungan Sekolah/Tempat Tinggal | · Siswa mampu menyebutkan tugas manusia atas alam. · Siswa mampu merancang program sebagai tindakan melestarikan lingkungan di rumah. · Siswa mampu merancang program sebagai tindakan melestarikan lingkungan di sekolah. · Siswa mampu memprakarsai program melestarikan lingkungan · Siswa mampu mendemonstrasikan kegiatan sehari-hari dengan melaksanakan program melestarikan lingkungan. | Melaksanakan program kegiatan melestarikan alam di lingkungan sekolah/tempat tingga | Unjuk Kerja | Penilaian Proses | Laksanakanlah program-program melestarikan lingkungan yang kamu susun baik di sekolah maupun di tempat tinggalmu! | | o Alkitab o Buku PAK kelas 3, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 3, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 3, BPK GM Jakarta, 2007 |
Format Word
Format Pdf