Silabus PAK SD Kelas 1 Semester 2

Silahkan Download
Format Word
Format Pdf


SILABUS


Sekolah                                   : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                    : I (satu) / Genap
Standart Kompetensi          : Menyadari dan mensyukuri keberadaan dirinya serta sebagai relasi dengan ciptaan lainnya.
Aspek                                     : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
PENGALAMAN
BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER,
BAHAN / ALAT
JENIS INSTRUMEN
BENTUK INSTRUMEN
CONTOH INTSRUMEN
Siswa mensyukuri alam ciptaan Allah
Allah Menciptakan Bumi dan Segala Isinya
·         Siswa mampu menceritakan secara singkat penciptaan alam semesta dan segala isinya
·         Siswa mampu membedakan cara penciptaan manusia dengan ciptaan lainnya
·         Siswa mampu menyebutkan arti nama Adam
·         Siswa mampu menyebutkan arti nama Hawa
·         Siswa mampu menyebutkan dimanakah manusia pertama ditempatkan Allah
·         Siswa mampu menunjukkan siapa itu yang dikatakan para Adam
·         Siswa mampu menunjukkan siapa itu yang dikatakan para Hawa
Menceritakan secara singkat penciptaan Allah terhadap alam semesta dan segala isinya
Tes lisan
Jawaban singkat
Ø  Siapakah yang dikatakan sebagai manusia?
Ø  Siapakah yang dikatakan para Adam?
Ø  Siapakah yang dikatakan para Hawa?
Ø  Pada hari keberapakah manusia diciptakan Allah?
9 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007
Keistimewaan Manusia Sebagai Makhluk Ciptaan Allah Dibandingkan Dengan Ciptaan Lainnya
·         Siswa mampu menceritakan cara penciptaan manusia dan ciptaan lainnya
·         Siswa mampu mengklasifikasikan perbedaan penciptaan manusia dengan ciptaan lainnya
·         Siswa mampu melaporkan perbedaan dirinya dari makhluk lain
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan alam semesta dan segala isinya buat manusia
Menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia dari segala ciptaanNya
Tes lisan
Jawaban singkat
Ø  Samakah manusia dengan makhluk lain?
Ø  Samakah pencipta manusia dengan makhluk lain?
Ø  Siapakah yang paling  tinggi kedudukannya dari segala ciptaan Allah?
6 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007
o    Lingkungan sekitarnya
Memelihara Ciptaan Allah
·         Siswa mampu menyebutkan tugas manusia yang diberikan Allah
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan merawat kelestarian lingkungan
·         Siswa mampu membuktikan kelalaian manusia dalam melaksanakan tugasnya
·         Siswa mampu merancang caranya sebagai siswa untuk melaksanakan tugasnya sebagai manusia
·         Siswa mampu mendukung program menghijaukan lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah
Melaksanakan tugasnya untuk memelihara ciptaan Allah melalui lingkungannya
Tes lisan
Uraian singkat
Apakah tugasmu sebagai manusia untuk memelihara kelestarian lingkunganmu?
6 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007
o    Lingkungan sekitarnya
o    Alat-alat pertanian
Siswa mampu mensyukuri hidup bersama orang lain

Allah Menciptakan Hawa Sebagai Teman Adam
·         Siswa mampu menceritakan kembali penciptaan Hawa dengan singkat
·         Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan Hawa
·         Siswa mampu menyebutkan tugas Hawa sebagai teman Adam
·         Siswa mampu mempertanyakan pernyataan bagaimana seandainya Adam hidup tanpa Hawa
Menjelaskan bahwa manusia tidak dapat hidup sendirian
Tes lisan
Jawaban singkat
Ø  Siapakah yang diciptakan Allah sebagai teman Adam?
Ø  Mengapa Hawa diciptakan?
Ø  Senangkah manusia hidup sendirian dalam dunia yang luas ini?
6 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007
Saling Membutuhkan
·         Siswa mampu menyebutkan nama-nama teman sepermainannya di tempat tinggalnya
·         Siswa mampu menyebutkan nama-nama teman akrabnya di sekolah
·         Siswa mampu menjelaskan arti keberadaan teman pada dirinya
·         Siswa mampu mempertanyakan bagaimana seandainya jika dia tidak memiliki teman
·         Siswa mampu mempertanyakan bagaimana seandainya dia tidak memiliki siapapun dalam hidupnya, khususnya kehilangan orang tuanya
·         Siswa mampu menjelaskan arti keberadaan orang tuanya terhadap dirinya
·         Siswa mampu menyebutkan siapakah yang lebih berarti bagi dirinya di dalam hidupnya
·         Siswa mampu mendemonstrasikan sikap berteman yang baik dengan saling membutuhkan
Menjelaskan arti keberadaan orang lain pada dirinya
Tes lisan
Jawaban singkat
Ø  Bolehkah manusia hidup tanpa manusia yang lainnya?
Ø  Adakah manusia hidup tanpa sahabat?
9 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007
Tes tertulis
Uraian
Ø  Tuliskan nama-nama temanmu sebanyak 10 orang!
Ø  Tuliskan nama-nama saudaramu jika ada!
Menghargai Perbedaan
·         Siswa mampu menjelaskan arti perbedaan
·         Siswa mampu menguraikan contoh-contoh perbedaan di dalam kelasnya
·         Siswa mampu menjelaskan cara menghargai perbedaan orang lain
·         Siswa mampu melengkapi kekurangan teman walaupun berbeda
·         Siswa mampu mendemonstrasikan menghargai perbedaan orang lain dalam kehidupannya sehari-hari
Menerima perbedaan orang lain dengan dirinya sebagai hal yang menyatukan
Tes tertulis
Uraian singkat
Ø  Tuliskanlah  contoh-contoh perbedaan yang menyatukan di dalam rumahmu!
Ø  Tuliskanlah contoh-contoh perbedaan yang menyatukan di sekolah!
6 jam
o    Alkitab
o    2.     Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan 2006
Bersyukur Pada Allah Karena Allah Menciptakan Manusia Saling Membutuhkan
·         Siswa mampu menjelaskan cara Allah menciptakan manusia untuk saling membutuhkan
·         Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang arti bersyukur
·         Siswa mampu mengurutkan cara bersyukur kepada Allah
·         Siswa mampu mendemonstrasikan pengungkapan syukur kepada Allah melalui kehidupan sehari-hari
Bersyukur pada Allah bahwa Allah menciptakan manusia saling membutuhkan
Tes lisan
Uraian
Bagaimanakah caramu bersyukur pada Allah?
9 jam
o    Alkitab
o    Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006
o    Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007



Silahkan Download
Format Word
Format Pdf