Format Word
Format Pdf
SILABUS
Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I (satu) / Genap
Standart Kompetensi : Menyadari dan mensyukuri keberadaan dirinya serta sebagai relasi dengan ciptaan lainnya.
Aspek : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | PENGALAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER, BAHAN / ALAT | ||
JENIS INSTRUMEN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INTSRUMEN | ||||||
Siswa mensyukuri alam ciptaan Allah | Allah Menciptakan Bumi dan Segala Isinya | · Siswa mampu menceritakan secara singkat penciptaan alam semesta dan segala isinya · Siswa mampu membedakan cara penciptaan manusia dengan ciptaan lainnya · Siswa mampu menyebutkan arti nama Adam · Siswa mampu menyebutkan arti nama Hawa · Siswa mampu menyebutkan dimanakah manusia pertama ditempatkan Allah · Siswa mampu menunjukkan siapa itu yang dikatakan para Adam · Siswa mampu menunjukkan siapa itu yang dikatakan para Hawa | Menceritakan secara singkat penciptaan Allah terhadap alam semesta dan segala isinya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Siapakah yang dikatakan sebagai manusia? Ø Siapakah yang dikatakan para Adam? Ø Siapakah yang dikatakan para Hawa? Ø Pada hari keberapakah manusia diciptakan Allah? | 9 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 |
Keistimewaan Manusia Sebagai Makhluk Ciptaan Allah Dibandingkan Dengan Ciptaan Lainnya | · Siswa mampu menceritakan cara penciptaan manusia dan ciptaan lainnya · Siswa mampu mengklasifikasikan perbedaan penciptaan manusia dengan ciptaan lainnya · Siswa mampu melaporkan perbedaan dirinya dari makhluk lain · Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia · Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan alam semesta dan segala isinya buat manusia | Menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia dari segala ciptaanNya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Samakah manusia dengan makhluk lain? Ø Samakah pencipta manusia dengan makhluk lain? Ø Siapakah yang paling tinggi kedudukannya dari segala ciptaan Allah? | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 o Lingkungan sekitarnya | |
Memelihara Ciptaan Allah | · Siswa mampu menyebutkan tugas manusia yang diberikan Allah · Siswa mampu menjelaskan tujuan merawat kelestarian lingkungan · Siswa mampu membuktikan kelalaian manusia dalam melaksanakan tugasnya · Siswa mampu merancang caranya sebagai siswa untuk melaksanakan tugasnya sebagai manusia · Siswa mampu mendukung program menghijaukan lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah | Melaksanakan tugasnya untuk memelihara ciptaan Allah melalui lingkungannya | Tes lisan | Uraian singkat | Apakah tugasmu sebagai manusia untuk memelihara kelestarian lingkunganmu? | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 o Lingkungan sekitarnya o Alat-alat pertanian | |
Siswa mampu mensyukuri hidup bersama orang lain | Allah Menciptakan Hawa Sebagai Teman Adam | · Siswa mampu menceritakan kembali penciptaan Hawa dengan singkat · Siswa mampu menjelaskan tujuan Allah menciptakan Hawa · Siswa mampu menyebutkan tugas Hawa sebagai teman Adam · Siswa mampu mempertanyakan pernyataan bagaimana seandainya Adam hidup tanpa Hawa | Menjelaskan bahwa manusia tidak dapat hidup sendirian | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Siapakah yang diciptakan Allah sebagai teman Adam? Ø Mengapa Hawa diciptakan? Ø Senangkah manusia hidup sendirian dalam dunia yang luas ini? | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 |
Saling Membutuhkan | · Siswa mampu menyebutkan nama-nama teman sepermainannya di tempat tinggalnya · Siswa mampu menyebutkan nama-nama teman akrabnya di sekolah · Siswa mampu menjelaskan arti keberadaan teman pada dirinya · Siswa mampu mempertanyakan bagaimana seandainya jika dia tidak memiliki teman · Siswa mampu mempertanyakan bagaimana seandainya dia tidak memiliki siapapun dalam hidupnya, khususnya kehilangan orang tuanya · Siswa mampu menjelaskan arti keberadaan orang tuanya terhadap dirinya · Siswa mampu menyebutkan siapakah yang lebih berarti bagi dirinya di dalam hidupnya · Siswa mampu mendemonstrasikan sikap berteman yang baik dengan saling membutuhkan | Menjelaskan arti keberadaan orang lain pada dirinya | Tes lisan | Jawaban singkat | Ø Bolehkah manusia hidup tanpa manusia yang lainnya? Ø Adakah manusia hidup tanpa sahabat? | 9 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Tes tertulis | Uraian | Ø Tuliskan nama-nama temanmu sebanyak 10 orang! Ø Tuliskan nama-nama saudaramu jika ada! | ||||||
Menghargai Perbedaan | · Siswa mampu menjelaskan arti perbedaan · Siswa mampu menguraikan contoh-contoh perbedaan di dalam kelasnya · Siswa mampu menjelaskan cara menghargai perbedaan orang lain · Siswa mampu melengkapi kekurangan teman walaupun berbeda · Siswa mampu mendemonstrasikan menghargai perbedaan orang lain dalam kehidupannya sehari-hari | Menerima perbedaan orang lain dengan dirinya sebagai hal yang menyatukan | Tes tertulis | Uraian singkat | Ø Tuliskanlah contoh-contoh perbedaan yang menyatukan di dalam rumahmu! Ø Tuliskanlah contoh-contoh perbedaan yang menyatukan di sekolah! | 6 jam | o Alkitab o 2. Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan 2006 | |
Bersyukur Pada Allah Karena Allah Menciptakan Manusia Saling Membutuhkan | · Siswa mampu menjelaskan cara Allah menciptakan manusia untuk saling membutuhkan · Siswa mampu mengemukakan pendapatnya tentang arti bersyukur · Siswa mampu mengurutkan cara bersyukur kepada Allah · Siswa mampu mendemonstrasikan pengungkapan syukur kepada Allah melalui kehidupan sehari-hari | Bersyukur pada Allah bahwa Allah menciptakan manusia saling membutuhkan | Tes lisan | Uraian | Bagaimanakah caramu bersyukur pada Allah? | 9 jam | o Alkitab o Buku PAK, kelas 1, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK, kelas 1, BPK GM Jakarta, 2007 |
Silahkan Download
Format Word
Format Pdf