Format Word
Format Pdf
SILABUS
Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : IV / Genap
Standart Kompetensi : Menyebutkan wujud tindakan manusia yang dapat menunjukkan pemahaman dan pengakuan keberadaan Allah dan Manusia serta menjelaskan kemahakuasaan Allah yang menyebabkan manusia dapat bergantung sepeuhnya pada Allah.
Aspek : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | PENGALAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER, BAHAN / ALAT | ||
JENIS INSTRUMEN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INTSRUMEN | ||||||
Siswa mampu memahami bahwa manusia hidup sepenuhnya tergantung pada Allah | Peran Allah Kepada Bangsa | · Menceritakan keadaan bangsa Israel di tanah Mesir selama perbudakan. · Menceritakan pemanggilan Musa. · Menyebutkan 10 Tulah yang terjadi di tanah Mesir. · Menjelaskan peran Allah kepada bangsa Israel selama di perjalanan. · Mendaftarkan peran Allah kepada bangsa Israel dalam memasuki tanah Kanaan. · Mengimani kemahakuasaan Allah atas bangsa Israel. · Mengoreksi kesalahan bangsa Israel selama di perjalanan menuju tanah Kanaan. | Menceritakan tentang ketergantungan umat | Tes Tertulis | Jawaban Singkat | Ø Apakah nama sungai yang ada di tanah Mesir? Ø Siapakah pengganti Musa? Ø Apakah artinya Musa? Ø Ada berapa jumlah suku bangsa Israel? | 10 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. |
Peran Allah Dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari | · Membuktikan Allah menyertai hidup manusia sehari-hari. · Menjelaskan cara Allah menyertai hidup manusia sehari-hari. · Mengoreksi kehadiran Allah atas hidup manusia sehari-hari. · Mengimani kehadiran Allah atas hidup manusia sehari-hari. | Menjelaskan peran Allah menyertai hidup manusia sehari-hari | Tes Lisan | Jawaban Singkat | Ø Darimanakah semua yanga ada di dunia ini? Ø Siapakah yang menyertai hidup manusia sehari-hari? | 2 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. | |
Siswa mensyukuri kemahakuasaan Allah | Makna Syair | · Menjelaskan arti syair. · Mendaftarkan 10 contoh syair dari Alkitab. · Mengikuti hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun syair. · Membuat syair kepada Allah | Menyusun puisi/syair tentang ketergantungan manusia kepada Allah | Tes Tertulis | Uraian | Susunlah satu syair kepada Allah! | 6 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. |
Doa Sebagai Alat mengucapkan Syukur | · Menjelaskan arti doa. · Menjelaskan tujan berdoa. · Mengidentifikasikan pokok-pokok dasar doa. · Mengikuti pokok-pokok dasar doa dalam menyusun doa. · Mendemonstrasikan cara berdoa yang benar. | Menjelaskan betapa pentingnya keberadaan doa | Unjuk Kerja | Penilaian proses | Praktekkanlah cara berdoa yang benar! | 2 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. | |
Doa Sebagai Alat Pengakuan Terhadap Kemahakuasaan Allah | · Menulis contoh doa sebagai alat mengekspresikan pengakuannya terhadap kemahakuasaan Allah · Mendemonstrasikan pengucapan Doa Bapa Kami · Mengidentifikasikan makna pengakuan Imam Rasuli. · Mendemonstrasikan pengucapan Pengakuan Imam Rasuli. · Mengimani Pengakuan Imam Rasuli sebagai alat pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah | Doa Sebagai Alat Pengakuan Terhadap Kemahakuasaan Allah | Tes Lisan | Pemaparan | Hafalkanlah Doa Bapa Kami dan Pengakuan Imam Rasuli! | 8 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. | |
Menyusun Doa | · Merancang contoh doa jika dia sedang bersedih. · Merancang contoh doa jika dia sedang sakit. · Merancang contoh doa jika dia sedag bersukacita. · Mendemonstrasikan cara berdoa yang benar dengan ekspresi yang sesuai dengan doanya. | Mampu berdoa dengan berbagai kejadian | Unjuk Kerja | Penilaian Proses dan Pemaparan | Praktekkanlah cara berdoa dengan doa yang baik dan benar! | 9 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. | |
Arti Doa Syukur | · Menjelaskan arti doa syukur. · Menjelaskan tujuan memanjatkan doa syukur · Merancang satu contoh doa syukur. · Mendemonstrasikan cara berdoa dengan doa yang berisikan sebagai ungkapan syukur. · Mengimani doa sebagai ungkapan syukur kepada Allah. | Menyusun doa syukur kepada Allah sebagai pengakuan atas kemahakuasaan Allah | Unjuk Kerja | Penialaian Proses dan Pemaparan | Susun dan praktekkanlah satu contoh doa! | 6 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. | |
Contoh-contoh Doa Syukur | · Mendaftarkan contoh-contoh doa syukur dari Alkitab. · Merancang contoh doa syukur yang sesuai dengan contoh. · mendemonstrasikan sikap berdoa dengan doa syukur yang disusunnya. | Mampu berdoa sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas keberadaan dirinya | Unjuk Kerja | Penilaian Proses dan Pemaparan | Berdoa yang baik dan benar! | 6 jam | o Alkitab. o Buku PAK kelas 4, Mitra Medan, 2006. o Buku PAK kelas 4, BMI Bandung, 2006. o Buku PAK kelas 4, BPK GM Jakarta, 2007. |
Format Word
Format Pdf